Selasa, 15 Februari 2011

Perekonomian Pada Masa Kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono

Di masa kepemimpinan Presiden Susilo hingga sekarang, perkembangan perekonomian Indonesia cukup signifikan yaitu pertumbuhannya 6,1% per tahun, hal itu disebabkan karena pemerintahan presiden susilo membuat suatu kebijkan kontroversial yaitu dengan mengurangi subsidi BBM dengan kata lain pemerintah menaikkan harga BBM. Anggaran subsidi BBM dialihkan ke subsidi sektor pendidikan dan kesehatan, serta bidang-bidang yang mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kebijakan kontroversial pertama itu menimbulkan kebijakan kontroversial kedua, yakni Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat miskin. Kebanyakan BLT tidak sampai ke tangan yang berhak, dan pembagiannya menimbulkan berbagai masalah sosial.
Kebijakan yang ditempuh untuk meningkatkan pendapatan perkapita adalah mengandalkan pembangunan infrastruktur massal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi serta mengundang investor asing dengan janji memperbaiki iklim investasi. Salah satunya adalah diadakannya Indonesian Infrastructure Summit pada bulan November 2006 lalu, yang mempertemukan para investor dengan kepala-kepala daerah.

Pada tahun 2008, disaat amerika serikat mengalami resesi akibat kredit macet, perekonomian Indonesia tidak mengalami imbas yang besar, itu disebabkan tingginya pertumbuhan ekonomi dua negara yaitu China dan India. Hal itu didasarkan oleh beberapa indikasi yaitu, hubungan dagang Indonesia dengan negara-negara regional semakin meningkat, meskipun hubungan dagang dengan Amerika mengalami penurunan. Selain itu, yang menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi nasional didominasi oleh konsumsi dan ekspor yang dibantu oleh membaiknya investasi swasta. Saat ini Indonesia juga dipercaya sebagai anggota G-20, dunia barat menilai bahwa Indonesia dapat memberikan dampak yang positif bagi perekonomian dunia.

Dalam masa pemerintahan SBY, kondisi perekonomian di Indonesia semakin membaik terutama hutang pada luar negeri. Pajak pun semakin digalakan, dengan tujuan membangun Indonesia lebih baik lagi. Mata uang dolar sekarang juga mulai turun, itu berarti dalam masa pemerintah SBY kita dapat merasakan perbaikan perekonomian Indonesia di mata dunia semakin membaik.

Pada masa pemilihan SBY, ia berjanji akan memberantas korupsi, kolusi, dan nepotisme. Sekarang itu juga mulai dirasakan, KKN yang di janjikan akan diberantas mulai menunjukan kenyataannya. Dari situ juga kita dapat merasakan ekonomi yang dijalankan mengalami perbaikan.

Penggalakan BOS membantu para siswa untuk merasakan duduk dibangku sekolah. Banyak anak tidak mampu yang telah terbantu oleh dana BOS. Ini juga salah satu perbaikan perekonomian dimasa mendatang. Karena jika anak-anak mengenyam pendidikan, bukan hal yang mustahil dimasa yang akan datang Indonesia mengalami perbaikan perekonomian yang sangat baik.


Sumber Referensi : http://indahfeb.wordpress.com/2011/02/20/perekonomian-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tambahkan komentar